Kamis, 29 Januari 2009

mpasi pertama fathan, homemade only!

Tanggal 15 januari 2009 kemarin hari pertama MPASI fathan. Setelah browsing sana sini bunda dapet jadwal menu n resep 30 hari pertama yang pas nih... dari milis asiforbaby n milis mpasirumahan. banyak banget info tambahan yang diperoleh dari kedua milis ini. so bagi yang niat untuk memberikan asi eksklusif n mpasi rumahan untuk buah hati tercinta disini tempatnya sharing berbagai hal.

Untuk beberapa hari kemarin sesuai rekomendasi para senior...^_^ tepung gasol organik adalah pilihan pertama bunda untuk fathan. Jauh hari sebelumnya bunda dah nyicil siapkan semua peralatan pendukung mulai dari feeding set sampai panci2 baru untuk mengolah mpasi fathan. Termasuk bahan bakunya, bunda dah pesan secara online di anakbayigaul.

Alhamdulillah dah sampai beberapa hari sebelum tanggal 15. untuk hari pertama bunda beri fathan tepung beras putih buat fathan, dimasak dengan sedikit air, setelah masak ditambah sedikit asi. Untuk mpasi pertama bunda sengaja buat agak encer, hanya sedikit lebih kental dari asi, ga lama kemudian siap deh mpasi pertama dihidangkan...

Reaksi pertama fathan terhadap mpasinya lucu... kayak bingung gitu, sayang ga sempat difoto, karena kita semua sibuk membujuk fathan untuk maem mpasinya. hehehe... Alhasil suapan selanjutnya fathan seperti menolak, ada kesan seperti mau dimuntahkan gitu.. aneh barang kali n tidak bunda paksakan. Besoknya dicoba lagi, lebih encer... eh malah disembur. hehehe... masih beras putih. Sengaja mengikuti anjuran, agar untuk tahap awal memberi satu jenis makanan yang sama beberapa hari tanpa dicampur untuk melihat adakah reaksi alergi, apalagi fathan termasuk berkulit sensitif tuhh.

Hari ketiga bunda coba buat agak kental, mendekati bubur instan. Alhamdulillah lebih dapat diterima, masuk beberapa sendok, sudah cukup bagi anak yang baru saja memulai mpasinya. Semua senang banget dengan kemajuan ini... Besoknya terus berlanjut ke tepung beras merah, masih aneh juga, tapi masuk beberapa sendok lagi, alhamdulillah. Beberapa hari setelahnya coba tepung kacang ijo, ternyata ini yang paling fathan suka, jauh lebih mudah dari dua tepung sebelumnya.

Setelah hampir dua pekan ini, fathan sudah mencicipi rasa havermut, ubi jalar, labu parang, apel n jeruk baby. Favoritnya adalah jeruk baby, coba aja nyuapinnya agak lambat, wah bisa ngamuk dia mau minta lagi. Doyan banget... Sengaja bunda hanya memberikan yang buatan rumah aja, karena sebisa mungkin ga ada yang instan, yang pake garam, gula, MSG  n semuanya yang belum bagus bayi dibawah 1 tahun.

Met maem ya nak...!!


*erlin

4 komentar:

nafaz print mengatakan...

:)

♥ HappyNanaBagas Family ♥ mengatakan...

gabung di milisnya juga aja Bun, lebih buanyaak lagi info2 yang bermanfaat ;)

Yusuf Erlin ... mengatakan...

:)

Yusuf Erlin ... mengatakan...

alhamdulillah udah bun,
kalo di mp ada ga groupnya?
thank u rekomendasinya ya...

Posting Komentar

Silahkan berbagi artikel ini :

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...