Senin, 20 April 2009

Mau Menuai Hasil Wirausaha??? Tunggu 10 Tahun Lagi !!!

Rating:★★★★★
Category:Other
Maksud judul diatas apa ya??? ^_^

Alhamdulillah ahad kemarin ada seorang sahabat yang cukup senior (seorang ibu dengan 4 putra) datang bersilaturahim ke rumah kami. Banyak juga yang kami perbincangkan dalam kunjungan beliau tersebut. Selain dalam rangka menawarkan beberapa paket buku untuk anak yang sangat bagus isinya dan juga harganya :P, kami banyak berbincang mengenai dunia usaha.

Saya masih terbayang sekali wajah penyesalannya ketika ia menceritakan bahwa dulu ia sempat menolak berwirausaha. Saat itu, ketika belum lama menikah ia ditawari oleh keluarganya untuk membangun sebuah usaha. Rupanya keluarga besar beliau memang sudah banyak terjun di dunia wirausaha. Saat itu, beliau ditawarkan untuk membangun sebuah optik oleh ayahnya. Ya optik, karena beliau lulusan akademi optik dan sang ayah pun memiliki sebuah optik. Jadi sangat wajar jika penawaran itu datang.

Namun dengan alasan tidak mau "kenal uang" terlalu jauh ia putuskan menolak tawaran itu. Ia tidak mau hanyut dalam materi jika berjalan di dunia wirausaha, sebagaimana atmosfer yang ia rasakan dalam keluarga besarnya. Baginya, keluarganya saat itu memandang hidup ini hanya dagang, dagang, dan dagang...itu saja. Hingga dibenaknya muncul kekhawatiran akan nasib pendidikan putra-putrinya, curahan kasih sayang kepada mereka, dan lain sebagainya, apabila beliau ikut berwirausaha. Beliau tidak mau itu terjadi.

Kini seiring dengan berjalannya waktu, ketika tuntutan hidup semakin besar dan ketika anak-anak mulai besar, beliau pun berpikir ulang, beliau kini melihat bahwa dunia wirausaha dapat dijadikan pegangan. Beliau pun aktif mengikuti berbagai pelatihan-pelatihan kewirausahaan. Dari pelatihan-pelatihan itulah beliau mendapat banyak informasi dan pengalaman yang dapat dipetik hikmahnya.

Sebuah catatan yang beliau sampaikan kepada saya sebagai hasil mengikuti berbagai pelatihan itu adalah mengenai konsistensi dalam menjalankan usaha. Sebuah usaha (apapun jenis usaha yang kita bangun) baru dapat dikatakan teruji apabila telah melewati kurun waktu lima tahun. Disanalah halang rintangan akan terus menghadang. Dan tambahnya lagi, sebuah usaha barulah dapat dipetik hasilnya, apabila telah berjalan selama 10 tahun dengan konsisten, apapun jenis usahanya.

Dari catatan tersebut itulah beliau menyesal, seandainya saja ketika baru menikah dulu beliau sigap menerima tawaran ayahnya untuk berwirausaha, maka saat ini tentunya beliau tinggal menuai keberhasilan dari usahanya itu. Tepat disaat anak-anak sudah memerlukan dukungan materi lebih, terutama dalam hal pendidikannya. Beliau sadari betul, kekhawatiran yang muncul dulu ketika ditawarkan menjalankan usaha sesungguhnya dapat diatasi dengan cerdas.

Saya pun hanya termangu mendengar pemaparannya. Ada sedikit rasa syukur dihati ini, mengingat suami sejak awal pernikahan kami senantiasa terus memotivasi agar tidak ragu untuk terjun ke dunia wirausaha. Bukan sekedar agar menghasilkan materi lebih, tetapi juga agar dapat berkontribusi lebih dalam membangun ekonomi ummat ini. Wah kalo yang terakhir ini pemaparannya bisa panjang nih, intinya yuk berwirausaha... jangan sampai menyesal 10 tahun kemudian ^_^


*erlin

19 komentar:

Isti Nur Ain mengatakan...

Erlin .. seneng baca sharing yg ini ...
Smoga bisa istiqomah ya ... :)

erna komara mengatakan...

setuju banget, topik ini baru aja aku bahas sama suami kemaren.....,

bunda najla mengatakan...

ayuk....kita usaha...
hidup usaha...

erna komara mengatakan...

mbak erlin, sepertinya saya kenal deh ibu beliau itu........, salam erna

Dayan Nouk mengatakan...

wah... share yg aku btuhkan banget neh.
tx bro :)

Yusuf Erlin ... mengatakan...

ikutan senang juga kalo ada yang senang bacanya...
ya semoga qta bs sma2 istiqomah ya. Amiin. ^_^

Yusuf Erlin ... mengatakan...

sama, abis dibahas bareng jg sama suami :)

Yusuf Erlin ... mengatakan...

hiduuup..!
^_^

Yusuf Erlin ... mengatakan...

waduh, rencana dirahasiain terancam gagal nih...
masa sih mba kenal?? teman, saudara, or tetangga mba?
kecil ya dunia...^_^

Yusuf Erlin ... mengatakan...

ehm, pengusaha mmg lain deh kebutuhannya :)
sama2 ya akhi...:)

erna komara mengatakan...

teman, umminya temen anakku........ bener kecil banget apalagi di MP hehhehe

Yusuf Erlin ... mengatakan...

tinggal didaerah mana mba? kami di jatibening, kapan2 silaturahim yuk mba. Aku juga kelahiran lampung lho. Saudara banyak di Teluk Betung ^_^

Luky Ekowati mengatakan...

halo erlin..thanks for sharing yah....hmmm memang betul harus istiqomah ya kl mau usaha itu memang. Aku 5 bulan terakhir ini jg babak belur dg usahaku yg berskala super mikro....hehehehhe usaha kuliner. Padahal baru 5 bulan ya..wah kok masih lama banget menujut 5 tahunnya ya...hehehhe

Seneng nemu mp nya erlin...temen seperjuangan.

Yusuf Erlin ... mengatakan...

hai mba luky...
samaaa... aku juga paling senneng kalo ketemu sama temen seperjuangan, apa lagi yang lagi baru merintis usaha... berarti bisa banyak saling bercerita pengalaman nih... kagum aku, mba eksis terus di-MPnya tuk promosiin usahanya. aku beberapa pekan terakhir ini justru lagi pasif nih di MP... mudah2an kapan2 kita bisa kerjasama ya... -erlin-

' Momong Anak - Arinda mengatakan...

Salam kenal Mba Erlin, boleh aku copas tulisan ini di MPku? Supaya menambah motivasi yang mau jadi TDA...hehehe. Mohon ijin ya Mba. Terima kasih.

Yusuf Erlin ... mengatakan...

monggo mba, smoga bermanfaat... trima kasih ^_^

usahawan siber mengatakan...

Maaf tumpang sharing kalau diizinkan..
Hi saya uncle ZIn ingin sharing dikit..Ada teman saya orang IM(Internet Marketeers) baru mendapat cahaya mata pertamanya jadi dipusing kerana disana (negerinya) biayanya tersangat mahal (Lumayanlah). Jadi dia gunakan platform internet sebagai aras untuk wirausaha anaknya yang baru dilahir! Akhirnya dengan menggunakan platform internet anak yang baru lahir itu mendapat lebih US$15,000. Bagaimana caranya? kalo ingin tahu IM saya kerana rahsia ini tidak boleh disharing untuk semua!

Yusuf Erlin ... mengatakan...

@ Uncle Zin : Mengapa tidak boleh disharing untuk semua? :)

usahawan siber mengatakan...

Rahsia ini saya dapatkan dari sesi mentorship internet bersama IM yg hebat dan nilainya mahal sekali jadi lebih baik cara ini supaya saya dapat mengenali mereka yang mahu lebih dekat lagi! :) Maklumlah saya hanya memberi kepada siapa yang mahu dan bukan untuk semua.

Posting Komentar

Silahkan berbagi artikel ini :

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...