Kamis, 25 November 2010

Medela Mini Electric Breastpump rusak? Tidak lagi...

Seperti disebutkan dalam tulisan bunda mengenai Pompa ASI Pilihan, bunda sesekali menemui kerusakan-kerusakan kecil selama menggunakan Breastpump Medela. Berdasarkan pengalaman bunda selama  ini, biasanya kalau medela mogok kerja, masalahnya seputar 3 hal berikut :
1. Membran-nya melar atau retak/bolong.
2. Valve-nya pecah. Terutama dibagian tempat membran menempel.
3. Breastshield-nya pecah/retak.

Solusinya untuk ketiga masalah tersebut, biasanya bunda menggantinya dengan yang baru. Ini nih enaknya Medela, menjual sparepart secara terpisah. Khusus buat braeastshield kalo retaknya masih terjangkau oleh penggunaan lakban, masih bisa dipake. Lumayan masih bisa dijadikan cadangan. Intinya usahakan tidak ada udara dari luar yang masuk.

Nah, beberapa hari lalu, ketiga hal tersebut tidak terjadi pada Medela bunda, tapi koq tetep pompa ga bisa nyedot ya. Huhuhuuuu.... Sedih, apalagi sebentar lagi masuk kerja nih :(

Akhirnya browsing cari pasaran harga medela mini electric saat ini, sekaligus nyari tempat yang jual dengan best price (hihihi... teteeup ya bun). Lagi asyik browsing, kepikiran ada ga ya pengalaman yang pernah rusak juga pompanya dengan kasus serupa dengan bunda. Habis tiba-tiba sih rusaknya. Ternyata di suatu milis sudah pernah dibahas. Sebagian besar menyarankan untuk dibawa ke service center-nya Medela di Kelapa Gading (samping Lottemart Kelapa Gading). Ini alamat lengkap service centernya barang kali ada yang perlu (belum pernah coba menghubungi sih) :

MEDELA
Service Center
Phone : 021 - 9453 5569, 9459 5525
Jl. Kelapa nias XI, Kelapa Gading Permai
Jakarta Utara 14240

Tapi ada yang cerita, dengan kasus yang sama dengan bunda, katanya ditempat servicenya cuma ditangani beberapa menit, langsung oke lagi BP-nya. Disana cuma dicuci sebentar. Tapi bukan dicuci dengan dicelup secara keseluruhannya (hehehe... bisa kornslet ya). Pasti hanya bagian tertentu aja. Bunda nekat langsung nyobain sendiri, toh sudah rusak juga. Mencoba dengan sedikit meraba2 maksud/cerita pengalaman bunda yang pernah pergi ke SC Medela tersebut. Kira-kira seperti ini step by step-nya:
1. Cari wadah kecil untuk menampung air. kalo bisa ceper dan tidak tinggi pinggirannya. Bunda pake tutup-nya mangkok lulur.
2. Isi wadah kecil tadi dengan air.
3. Buka penutup mesin medela (penutup batere).
4. Celupkan bagian permukaan yang ada lingkaran hitamnya, dekat tempat lubang keluarnya hisapan mesin, ke dalam air. celup cukup hingga terkena permukaan air saja.
5. Nyalakan mesin (jangan lupa pasang kabel-nya ^^). Nanti akan ada air yang terhisap ke dalam mesin dan keluar melalui lubang kecil disamping tempat kabel berada. Ini nih yang dimaksud dicuci. Hidupkan mesin kira-kira 10-15 detik aja.
6. Lakukan pencucian beberapa kali (waktu itu bunda lakukan 3x)
7. Langsung dicoba untuk memerah ASI. Alhamdulillah sukses !!

Waktu itu senang bangeeeettt.....  keinginan coba-cobanya membuahkan hasil. Ga perlu BP baru deh ^_^ (ini yang terpenting, hihihi...). Menurut cerita, teknisinya bilang kalau mesin berhenti menyedot dikarenakan adanya sumbatan ASI di dalam mesin. Sehingga pompa perlu dicuci. Dan disarankan untuk sesekali dicuci dan jangan memerah hingga botol penuh, sehingga menyebabkan ASI masuk ke dalam mesin. Catet ya bun... ^_^
Semoga bermanfaat 
* Erlin Karlina

4 komentar:

Hana' Salsabila mengatakan...

tfs ya bunda.. wah bunda bisa terima orderan medela yg rusak dnk.. ;)

Yusuf Erlin ... mengatakan...

Hihihii..... nyaingin teknisinya dong ^_^

eka natassa sumantri mengatakan...

mks infonyaa, ntar aku ksh tau adikku---dia gagal ASI ekslusif gara2 pas kerja ga telaten merah ASI

Yusuf Erlin ... mengatakan...

smoga bermanfaat ya mba, salam ASI 'tuk adiknya ^_^

Posting Komentar

Silahkan berbagi artikel ini :

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...