Jumat, 23 Desember 2011

Raup Laba dengan Meniru Packaging Produk Ngetop

Baca judul tulisan saya kali ini, sempat geli sendiri karena kalo diperhatikan koq mirip judul headline tabloid-tabloid wirausaha ya? sedikit provokatif, hehe...

Ini bermula gara-gara melihat botol saos sambal yang biasa menemani kalo ada gorengan di rumah, setelah ditilik-tilik koq beda dari biasanya ya penampilannya, teryata memang benar, biasanya dirumah pake merk AB*, lah ini koq merek AK* ?? Ternyata waktu beli di swalayan memang salah ambil, sepintasan memang mirip sih, baik logo, ukuran maupun desain botolnya.

Nah, hal seperti ini bisa jadi termasuk dalam strategi bisnis. Siapa sangka bisa jadi penjualan jadi meningkat, gara-gara banyak pembeli yang "siwer". Tapi ga asyik banget ya? dijamin nilai brand produk pengekor tersebut dimata pembeli adalah tetap minus. Padahal dari segi rasanya ga kalah enak lho, sayang ya. Ini foto botol saos sambal tersebut:

- merk sengaja saya buat blur :) -

Beda banget sama packaging yang inovatif, seperti dibawah ini :

Desain packaging diatas asli inovatif banget, hasil karya Youngdo Kim. Bener-bener out of the box. Ide awalnya adalah untuk menghemat plastik dan ramah lingkungan. Tidak perlu membuang percuma bungkus kemasan seperti biasanya, kemasan tersebut bisa dipakai sebagai sedotan untuk menikmati kopi.

Cukup membuka kemasan tersebut, dan kopi yang berada didalamnya akan tertuang ke dalam segelas air. Lalu gunakan kemasan yang sama sebagai alat untuk mengaduk kopi dan sedotan. Kemasan multifungsi untuk menghemat pengeluaran. Info ini dikutip dari blackxperience.com.

Packaging (kopi) seperti ini tidak sekedar mendapat nilai plus dari pembelinya tapi juga telah memberi sesuatu yang berharga bagi lingkungan. Semoga makin banyak di muka bumi ini. Aamiin.

*Erlin Karlina
(SambilMikir2PackagingYangKreatifBuatEcokiddy)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berbagi artikel ini :

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...