Kamis, 13 September 2012

Cara Migrasi Multiply ke Blogspot? Export Tools Now Available!

Yes... yes... yes...! Horaaayy... Alhamdulillah akhirnya Multiply mengumumkan juga tools untuk migrasi. Dan yang membuat semakin merasa beruntung karena proses migrasi ini sementara waktu baru melayani blog yang migrasi ke Blogspot. Yeaah....!! Pas banget ini mah, sejak awal saya sudah memutuskan untuk migrasi ke blogspot, walau sempat down juga karena setelah googling sana sini ternyata lebih banyak MP-ers yang pindah ke Wordpress. Terlebih saat ini sudah ada tools yang beredar untuk memudahkan migrasi MP ke Wordpress buatan Mas Febi.

Tapi ternyata kesabaran dan keteguhan hati itu berbuah hasil (hehe...agak lebay ^^), Mr. Stefan si empunya MP memenuhi janjinya, hari ini secara ga sengaja saya iseng cari info terbaru di web resmi multiply. Export tools yang dijanjikan itu sudah diumumkan hari ini DISINI. Berikut copas pengumuman tersebut:
Halo Multipliers!
Seperti diumumkan Stefan di tulisan Export Tools Now Available!, bagi pengguna yang mendayagunakan fitur jejaring sosial kami (blog, video, foto, dll) telah merilis beberapa perangkat yang akan membantu Anda menyimpan konten Anda atau memindahkannya ke platform yang berbeda.

“Export tools” dapat Anda temukan di bagian kanan situs Anda (di bawah headshot). Perangkat tersebut membantu Anda untuk:
1. Mengunduh konten ke komputer Anda
2. Mengekspor ke Blogger (platform blogging milik Google)

Menggunakan export tool:
1) Kunjungi halaman Multiply Anda (misalnya: multiplyid.multiply.com)
2) Klik salah satu pilihan yang tersedia di bagian kanan atas dari situs Anda (atau silakan cari di bawah headshot Anda):
a) Mengunduh Media: unduh semua file media
b) Ekspor ke Blogger: memindahkan semua posting blog ke halaman Blogger Anda
i) Pilih file yang hendak diunduhi
ii) Anda akan menerima tautan untuk mengunduh file melalui email yang Anda daftarkan bersama akun Anda (contoh email di bawah):

Perangkat ini akan tersedia hingga 1 December 2012. Saat ini sedang dibicarakan kemungkinan untuk memindahkan konten Anda ke platform lain, seperti Tumblr dan Wordpress. Kami akan memberikan update lebih lanjut berkaitan dengan kemungkinan tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan baca Frequently Asked Questions berkaitan dengan proses ini. Bila Anda memiliki pertanyaan berkaitan dengan export tool, silakan mengirimkan email ke idsupport@multiply.com. Terima kasih atas perhatiannya.

UPDATE: Jika Anda menggunakan CSS custom dan tidak dapat melihat tautan export tools, silakan mengakses menggunakan URL di bawah (ganti 'yourid' dengan ID Multiply Anda)
http://yourid.multiply.com/download-media
http://yourid.multiply.com/export-to-blogger
http://yourid.multiply.com/export-to-tumblr
Caranya kurang lebih sama dengan cara migrasi ke wordpress. Semua petunjuk sudah diberikan detail. Hanya beberapa menit, tulisan-tulisan lama saya di MP sudah berpindah ke blogspot. Triiiiiiing..... blog yang tadinya hanya berisi satu tulisan saya yang melaunching blog ini, kini menjadi penuh. Hehe... Tapi, sayang ada hal yang mengganjal... kalimat Mr.Stefan yang ini nih :
There are some restrictions (e.g. Blogger has a limitation that means photos must be downloaded and uploaded separately)
Yang artinya foto dan video harus didownload terpisah :( Semua foto di album memang ikut ke export tapi hanya 1 buah foto cover-nya aja, itu pun "image location" masih di MP. Artinya memang harus kita upload ulang lagi ke lokasi lain seperti flickr/photobucket agar jika memang semua fitur jejaring sosial di MP dihapus 1 Desember 2012 nanti, foto-foto ini tidak ikutan menghilang. Kerja bakti deh :P

1 komentar:

M. Irfandi mengatakan...

aku udah pindahan :)

Posting Komentar

Silahkan berbagi artikel ini :

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...