Jumat, 12 Oktober 2012

Kehamilan Bulan ke 5
(Minggu ke 17 - 20)



Foto USG 5 Bulan - Sumber : www.informasitips.com



Kutipan email infobunda untuk kehamilan minggu ke 18 :

Hai erlin karlina,

Kehamilan juga dapat menimbulkan keluhan sulit tidur. Hal ini dapt terjadi karena bunda jadi sering berkemih di malam hari atau perut bunda sudah mulai membesar yang membuat bunda sedikit sulit dengan posisi tidur karena sudah mulai merasakan ada rasa mengganjal.

Posisi tidur pada saat kehamilan cukup mengganggu, tapi hal ini hanya akan berlangsung selama beberapa minggu yang selanjutnya akan lebih terbiasa. Mengurangi kesulitan tidur pada saat kehamilan bisa dilakukan dengan mengubah posisi tidur yang lebih nyaman.

Posisi tidur yang disarankan adalah tidur dengan posisi miring ke arah kiri dan menyelipkan bantal diantara kaki. Selain posisi tidur tersebut mungkin bunda juga dapat merubah ke arah lain atau menggunakan guling sebagai alternatif. Lambat laun bunda akan menemukan posisi tidur yang nyaman buat bunda.

Sebelum tidur juga sebaiknya mengurangi jumlah asupan zat cair, tetapi pengurangan ini dalam porsi yang wajar dan tidak menyebabkan bunda dehidrasi, atau usahakan untuk melakukan olah raga di siang hari karena olah raga yang teratur akan membuat peredaran darah lebih lancar dan mudah tidur.

Bunda sudah mulai dapat merasakan tendangan dari bayi bunda, pada minggu ke 18 ini tangan dan kaki bayi sudah mulai bergerak secara fleksibel. Apabila bayi bunda laki-laki maka kelaminnya sudah dapat terlihat, sedangkan apabila bayi bunda perempuan, rahimnya dan tube fallopinya terbentuk. Pada kulit luar bayi akan terbentuk suatu lapisan tipis yang akan melindunginya selama bayi mengambang di amniotic fluid (ketuban) atau yang disebut dengan vernix.

Berat badan bayi bunda sudah mencapai 190-200 gram dengan tinggi badan 14-15 cm.

Semoga anda memdapatkan pelayanan yang bermanfaat dan akan merekomendasikan website ini ke teman-teman anda!

Salam,

infobunda



Kutipan email infobunda untuk kehamilan minggu ke 19 :

Hai erlin karlina,

Pening ataupun juga bisa bunda rasakan di minggu ke 19 ini. Pening ini bisa terjadi karena tekanan akibat melebarnya jaringan darah di urat rahim bunda. Selain itu, posisi yang tiba-tiba bangun akan menimbulkan perubahan aliran darah di otak seiring dengan perubahan posisi secara tiba-tiba. Rasa pening ini terjadi apabila bunda bangun dari posisi tidur secara tiba-tiba atau kelaparan dan kehausan, kepanasan (berendam di air panas terlalu lama atau berjalan di luar dengan panas terik), kurang darah (anemia).

Apabila bunda mengalami pening setelah bangun dari tidur maka sebaiknya apabila bunda bangun dari posisi tidur atau tiduran sebaiknya tidak langsung berdiri, melainkan bangun terlebih dahulu, lalu duduk sebentar, lalu letakkan kaki disamping tempat tidur, baru kemudian bangun.

Namun apabila keluan pening muncul karena kurang darah maka langsung konsumsi suplemen tambahan atau makanan yang mengandung zat besi. Kehamilan di minggu ke 19 bayi sudah mulai dapat melakukan kegiatan tidur seperti layaknya bayi yang telah lahir. Apabila bayi yang di kandung adalah bayi perempuan maka ovarium bayi sudah mulai terdapat sel telurnya. Selanjutnya, ginjal bayi terus bekerja yang juga mengeluarkan urin. Akar dari rambut bayi sudah mulai berkembang.

Berat badan bayi bunda 300-400 gram dengan tinggi badan 16-15 cm.

Semoga anda memdapatkan pelayanan yang bermanfaat dan akan merekomendasikan website ini ke teman-teman anda!

Salam,

infobunda



Kutipan email infobunda untuk kehamilan minggu ke 20 :

Hai erlin karlina,

Bunda sudah menjalani setengah dari seluruh kehamilan. Kehamilan di minggu ke 12 ini adalah saat yang tepat bagi bunda untuk menikmati kehamilan bunda karena selain bunda sudah terbiasa dengan gaya hidup yang lebih sehat bunda juga sudah bisa memulai komunikasi dengan bayi bunda di dalam.

Komunikasi pada bayi yang belum lahir pada dasarnya adalah untuk lebih menjalin hubungan ikatan antara orang tua dan bayi dan belum dapat dipastikan secara ilmiah bahwa bermain bersama bayi dalam kandungan bunda, akan membuat bayi dalam kandungan akan lebih pintar setelah bayi lahir.

Bayi yang sudah memasuki akhir trisemester ke 2 atau di awal semester ke 3 sudah mulai dapat mendeteksi suara yang ada disekitarnya, terutama suara ayah dan ibunya, karena bayi setiap hari sudah sering mendengar pada saat ayah dan ibunya sedang berbicara. Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa dengan memperdengarkan musik terutama musik klasik pada saat bayi masih di dalam kandungan dapat membuat bayi akan lebih tenang ketika sudah lahir dan memang setelah bayi lahir kemudian diperdengarkan musik klasik yang sama tersebut bayi akan lebih tenang.

Hal ini terjadi karena bayi sudah terbiasa mendengarkan musik dengan tempo yang tenang yang selama ini dia sudah kenal dan musik inilah yang membuatnya relaks. Selain memperdengarkan musik memang dianjurkan untuk memulai bercanda dengan bayi yang bunda kandung mungkin akan terlihat aneh tapi hal ini bisa membuat hubungan orang tua dan si kecil terjalin sejak dini.

Pada minggu ke 20 ini perkembangan vital pada bayi sudah hampir selesai, di minggu selanjutnya hanya perkembangan fungsinya menjadi lebih sempurna untuk dipersiapkan melihat dunia. Jantung bayi bunda sudah bekerja semakin baik. Apabila bayi berjenis kelamin perempuan, maka dibulan ini rahim bayi sudah mulai berkembang dan sudah menghasilkan 6 juta sel telur pada indung telurnya (ovarium) tapi jumlah ini akan menurun pada saat bayi dilahirkan menjadi sekitar 1 juta sel telur.

Kaki bayi bunda sudah berkembang baik dan bunda sudah mulai merasakan tendangannya. Indera pendengaran, pengelihatan, indera perasa dan penciuman sudah mulai berkembang.

Berat badan umumnya 300-400 gram dengan tinggi badan 25-26 cm di minggu ke 20.

Semoga anda memdapatkan pelayanan yang bermanfaat dan akan merekomendasikan website ini ke teman-teman anda!

Salam,

infobunda


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berbagi artikel ini :

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...