Jumat, 12 Oktober 2012

Kehamilan Bulan ke 6
(Minggu ke 21 - 24)

Foto USG 6 Bulan - Sumber : www.informasitips.com



Kutipan email infobunda untuk kehamilan minggu ke 21 :

Hai erlin karlina,

Pada minggu ke 21 ini akan ada perubahan warna pada kulit disekitar perut bawah bunda yaitu timbulnya garis coklat berawal dari atas tulang kemaluan sampai ke bagian pusar yang dinamakan linea nigra.

Terjadinya perubahan warna tersebut karena adanya hormon kehamilan dan berakibatnya terjadinya hiperpigmentasi, selain perubahan warna di perut juga dapat terjadi perubahan warna di wajah seperti masker yang terjadi di pipi, hidung dan disekitar mata, perubahan warna ini sering disebut sebagai Masker Kehamilan atau cloasma. Terjadinya perubahan warna kulit ini akan sangat terlihat pada orang yang memiliki kulit gelap, semakin gelap warna kulitnya maka semakin gelap linea nigra terlihat.

Akibat berubahnya hormon pada wanita pada saat hamil maka banyak pula perubahan yang semakin terlihat, terutama pada kulit. Selain terjadinya hiperpigmentasi cloasma dan linea nigra ada juga yang disebut dengan noda merah (spider angiomas) yang dapat timbul dimana pun dibagian tubuh bunda.

Sebenarnya semua perubahan pada kulit yang terjadi pada saat kehamilan akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan dan sebaiknya juga hindari terpapar matahari terlalu panas dan selalu gunakan sunblock apabila akan melakukan aktivitas luar.

Mungkin bunda akan terkejut kalo di minggu ini si kecil sudah belajar untuk tidur dan bangun pada jam yang lebih konsisten. Sel darah putih (leukosyt) bayi sudah mulai terbentuk untuk melindungi bayi dari infeksi dan penyakit. Gigi bayi sudah sepenuhnya terbentuk dibawah gusinya. Apabila bayi yang dikandung perempuan pada minggu ini sudah terbentuk vagina.

Berat badan bayi sudah sekitar 360-370 gram dengan tinggi 26-27cm.

Semoga anda memdapatkan pelayanan yang bermanfaat dan akan merekomendasikan website ini ke teman-teman anda!

Salam,

infobunda



Kutipan email infobunda untuk kehamilan minggu ke 22 :

Hai erlin karlina,

Kehamilan di minggu ke 22 mungkin berat bunda sudah bertambah sekitar 5-7 kg, dimana pada minggu-minggu selanjutnya kenaikan berat badan bunda sekitar 1 kg perbulan. Berat badan bunda juga sudah mulai harus diperhatikan apabila diawal kehamilan bunda yang termasuk orang kategori kurus maka bunda harus menyesuaikan kenaikan berat badan bunda.

Sebaliknya juga, apabila dari awal bunda termasuk orang yang kelebihan berat badan maka diharapkan bunda dapat mengurangi sedikit kenaikan berat bunda. Walaupun bunda akan mengalami kenaikan berat badan paa minggu-minggu selanjutnya tetapi tetap bunda harus memperhatikan asupan gizi yang baik bagi bunda dan si kecil.

Sebaiknya bunda sudah mempertimbangkan untuk meningkatkan tambahan zat besi pada asupan makanan bunda. Zat besi ini berguna untuk membentuk zat darah merah atau hemoglobin, dan memperkuat daya tahan tubuh bunda. hemoglobin ini merupakan protein yang membawa oksigen keseluruh tubuh bunda.

Zat besi ini dapat ditemukan pada daging merah, daging unggas dan ikan. Disarankan bunda juga tetap menyantap makanan yang juga mengandung vitamin C seperti dalam Jeruk, strawberry, atau brokoli. Vitamin C ini akan membantu penyerapan zat besi lebih baik kepada tubuh bunda.

Kulit tubuh bayi sudah mulai semakin jelas walaupun masih keriput, namun akan berkurang seiring dengan pertambahan berat badannya. Psst... hati-hati bayi bisa mengetahui semua rahasia ayah bundanya, karena bayi sudah semakin jelas mendengar semua pembicaraan ayah bundanya apapun yang mereka bicarakan, nyanyikan, atau hal-hal apapun yang mungkin memang bunda ingin bicarakan dengan si bayi sudah dapat ia dengar.

Alis mata dan kelopak matanya pun sudah semakin jelas terbentuk. Otak bayi pun sudah terbentuk baik walaupun perkembangannya masih terus akan berlangsung hingga bayi bunda lahir serta berkembang sampai balita. Apabila bayi bunda laki-laki maka akan terbentuk testis dan mulai menghasilkan sperma tetapi dalam bentuk yang sangat sederhana.

Berat badan bayi bunda sekitar 400-450 gr dengan tinggi badan 26-30 cm.

Semoga anda memdapatkan pelayanan yang bermanfaat dan akan merekomendasikan website ini ke teman-teman anda!

Salam,

infobunda



Kutipan email infobunda untuk kehamilan minggu ke 23 :

Hai erlin karlina,

Kram pada kaki adalah salah satu hal yang mungkin terjadi pada saat kehamilan.

Kram kaki juga dapat timbul bahkan mungkin sering terjadi pada saat malam hari atau ditengah-tengah tidur nyenyak bunda. Kram kaki ini juga dapat ditimbulkan karena lelah dengan aktifitas bunda seharian dan berkumpulnya cairan pada kaki bunda.

Sebaiknya di siang hari apabila bunda banyak melakukan aktifitas bunda dapat menghentikan aktifitas bunda beberapa saat untuk beristirahat dan mengangkat kaki bunda dengan posisi yang lurus. Bunda duduk di kursi dan taruhlah kursi lain dihadapan bunda dan letakan kaki di kursi tersebut.

Selain itu, usahakan untuk tetap banyak meminum air putih paling sedikit 8 gelas per hari. Mata bayi bunda sudah terbentuk baik walaupun warna mata bayi bunda masih belum jelas. Pankreas bayi sudah mulai memproduksi insulin. Paru-parunya semakin berkembang untuk mempersiapkan bayi untuk bernafas. Berat badan bayi bunda sudah mencapai 500-510 gram dengan tinggi 28-30 cm.

Semoga anda memdapatkan pelayanan yang bermanfaat dan akan merekomendasikan website ini ke teman-teman anda!

Salam,

infobunda



Kutipan email infobunda untuk kehamilan minggu ke 24 :

Hai erlin karlina,

Pada umumnya pada minggu ke 24 kehamilan disarankan untuk melakukan tes gula darah, untuk mengetahui apakah bunda menderita diabetes pada kehamilan (Gestational Diabetes).

Diabetes pada kehamilan dapat menyebabkan bayi bunda lahir dengan berat badan yang tinggi yang membuat bunda harus melahirkan secara Caesar.

Apabila bunda mengalami diabetes pada kehamilan maka sebaiknya bunda langsung diawasi oleh dokter bunda. Ada kemungkinan diabetes pada kehamilan akan hilang setelah bunda melahirkan. Sehingga disarankan untuk melakukan tes kadar gula darah lagi setelah bunda melahirkan untuk menentukan apakah bunda menjadi penderita diabetes atau tidak.

Walaupun mungkin bunda tidak mengidap penyekit diabetes setelah melahirkan tetapi tetap disarankan untuk menjaga pola makan dan pola hidup sehat dikemudian hari untuk menghindari timbulnya Diabetes Mellitus dikemudian hari.

Kulit bayi pada saat ini masih tipis dan transparan, dan masih keriput tapi lapisan kulit bayi bunda sudah mulai terisi dengan lapisan lemak. Bayi bunda di minggu ini sudah mulai bisa merasakan setiap minuman yang di konsumsi oleh ibunya karena indera perasa bayi sudah mulai berkembang. Paru-parunya sudah mulai membentuk cabang dan saluran pernafasannya sudah mulai membentuk menyerupai pohon.

Berat bada bayi bunda sekita 600-610 gram dengan tinggi badan sekitar 30-32 cm.

Semoga anda memdapatkan pelayanan yang bermanfaat dan akan merekomendasikan website ini ke teman-teman anda!

Salam,

infobunda

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berbagi artikel ini :

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...