Jumat, 12 Oktober 2012

Kehamilan Minggu ke 28 : It's a Boy

Dua hari lalu, 10 Oktober 2012, tepat 28 minggu sudah saya jalani kehamilan calon anak ke-3 kami. Alhamdulillah semuanya sejauh ini berjalan lancar. Meski banyak merasa perbedaan dengan kehamilan sebelumnya, ternyata untuk anak ke-3 ini hasil USG sementara menunjukkan anak kami ke-3 ini laki-laki, sama seperti kedua kakaknya. Subhanallah wabihamdihi, kami syukuri hal ini, yang terpenting adalah kesehatan ananda yang utama. Lahir normal lancar, tak kurang satu apa pun menjadi bagian doa yang terus saya panjatkan. Jika memang terbukti benar ikhtiar melihat kelamin dari USG ini, berarti saya tetap akan menjadi yang tercantik di keluarga kecil kami, yesss :D dan berarti juga bahwa anak-anak sama abinya sudah bisa main basket 2 on 2 atau main sepakbola 2 lawan 2, hehehe... Kalaupun hasil USG tersebut salah kami pun tetap bergembira, karena artinya akan ada 1 orang gadis cantik yang akan membantu bunda membuat makanan enak di dapur buat 3 orang jagoan makan ^_^

Sejak anak pertama saya ingin sekali mendokumentasikan tahapan kehamilan saya, tapi selalu saja berakhir di keinginan. Realisasinya hampir tak ada. Namun di kehamilan kali ini saya merasa lebih rajin untuk membuat dokumentasi tumbuh kembang anak-anak. Untuk itu, perkembangan kehamilan yang saya terima melalui email dari web infobunda akan saya rangkum menjadi beberapa bagian, untuk memudahkan bagi siapa saja yang memerlukan informasi ini.

Terakhir saya kontrol kehamilan ini adalah pada tanggal 29 September 2012 lalu. Berarti hampir 27 minggu sudah dilalui. Alhamdulillah berdasarkan hasil USG semua normal. Berat badan dede bayi sudah 1,3 kg (waduh besar ya... padahal kehamilan kali ini saya agak susah dan pilih-pilih makan. Pilih yang enak-enak maksudnya :D) Berdasar info dari infobunda, umumnya diusia kehamilan ini, berat bayi umumnya antara 870-890 gram, ckckck selisih 400 gr-an.... Bundanya sendiri sudah naik 8 kg, termasuk ga banyak naik. Jauh banget pertambahannya dibanding anak pertama dan kedua. Anak pertama berat badan naik hampir 25 kg @_@, anak kedua berat badan naik 17 kg ^_^, anak ketiga ini 6 bulan pertama berat badan cuma naik 5 kg, dan 1 bulan terakhir ini naik drastis 3 kg. WARNING! takut bablas lagi euy , hehehe....

Kutipan email infobunda di minggu ke 27 kehamilan saya :
Hai erlin karlina,

Sekitar kehamilan minggu ke 27 ini bunda harus sedikit berhati-hati dengan semakin meningkatnya tekanan darah bunda. Apabila tekanan darah yang meningkat ini disebut dengan preeklamsia, hal ini harus diwaspadai karena dapat berakibat fatal terhadap bayi dan bunda.

Bunda harus berhati-hati apabila bunda mengalami pandangan mata yang kabur, berkeringat pada tangan dan wajah, meningkatnya berat badan secara tiba-tiba tanpa adanya peningkatan jumlah makanan, tiba-tiba bunda merasa pusing tanpa sebab. Sebaiknya hubungi dokter atau bidan untuk tindakan selanjutnya.

Sebaiknya semenjak awal kehamilan bunda tidak melewatkan pertemuan dengan dokter bunda, karena dari pertemuan dari dokter itulah tekanan darah bunda dapat terdeteksi.

Ada 2 kemungkinan yang mungkin dapat bunda lakukan apabila memang bunda memiliki tekanan darah tinggi, yang pertama adalah untuk beristirahat di rumah lebih banyak atau bunda akan beristirahat di rumah sakit dengan pengawasan yang ketat dari bayi bunda.

Otak si kecil sudah berkembang semakin baik dan sudah mulai dapat berpikir, mungkin bunda pun berpikir hal apakah yang dipikirkan bayi dalam kandungan? tetapi tetap disarankan untuk berbagi cerita, kebahagiaan, musik atau apapun dengannya. Bagaimanapun setiap bunda bercerita atau sah ayah bernyanyi, si kecil sudah mulai bisa mengenalinya karena minggu ke 27 ini jaringan ditelinganya mendekati sempurna.

Bayi mungil bunda mulai belajar bernafas walaupun dalam air, paru-parunya berlanjut berkembang untuk mempersiapkan bayi bernafas ketika sudah lahir.Kelopak matanya sudah mulai belajar membuka dan retina matanya telah terbentuk.

Berat umum bayi seusia si kecil 870-890 gram dengan tinggi badan 36-38 cm.

Semoga anda memdapatkan pelayanan yang bermanfaat dan akan merekomendasikan website ini ke teman-teman anda!

Salam,

infobunda


Kutipan email informasi kehamilan dari minggu ke minggu lainnya dapat dilihat pada link-link berikut :

Kehamilan Bulan ke 1 (Minggu Ke 1 - 4)
Kehamilan Bulan Ke 2 (Minggu Ke 5 - 8)
Kehamilan Bulan Ke 3 (Minggu Ke 9 - 12)
Kehamilan Bulan ke 4 (Minggu Ke 13 - 16)
Kehamilan Bulan Ke 5 (Minggu Ke 17 - 20)
Kehamilan Bulan Ke 6 (Minggu Ke 21 - 24)
Kehamilan Bulan ke 7 (Minggu Ke 25 - 28)
Kehamilan Bulan Ke 8 (Minggu Ke 29 - 32)
Kehamilan Bulan Ke 9 (Minggu Ke 33 - 36)



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berbagi artikel ini :

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...