Minggu, 30 September 2012

Lomba Mewarnai Perdana Fathan


Sabtu, 29 September 2012 kemarin Fathan mengikuti lomba mewarnai yang diadakan salah satu jaringan toko buku besar nasional. Info ini saya ketahui dari poster di papan pengumuman di sekolah pada hari Kamis, 27 September 2012, tepat dua hari sebelum lomba dilaksanakan. Awalnya saat saya ajak Fathan untuk mengikuti lomba ini, dia menolak. Fathan tipe anak yang cenderung pasif dan pemalu. Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya barangkali ya :) Tapi karena saya anggap itu sebagai sesuatu yang bisa dilatih dan diperbaiki, saya dan suami berniat untuk mengasah kemampuan sosialisasi yang dimiliki Fathan. Dari segi kemampuan mewarnai perlu kami akui masih jauh untuk dikatakan sangat baik, dari sisi kemampuan bersosialisasi dengan lingkungan pun tak jauh berbeda. Untuk itu memang kami anggap perlu untuk merangsang kemampuan Fathan dari 2 sisi tersebut.

Poster Pengumuman Lomba

Penolakan Fathan di pagi hari, tidak membuat saya menyerah, malam hari saya keluarkan bujukan maut. Membujuk tapi tidak memaksa. Hasilnya... Fathan masih menolak tapi sudah mulai goyah pendiriannya. Saya imingi dengan hadiah buku kali ini. Saya katakan jika mengikuti lomba ini Fathan akan menerima buku-buku kartun bagus, yang ada sticker dan pelajarannya. Saya tahu dia paling suka pada film dan buku-buku yang memberikan pertanyaan/teka-teki sejenis Dora, Mickey Mouse, Little Einstein, dll. Buku-buku ini pun sebenarnya saya beli karena merupakan salah satu persyaratan untuk mengikuti lomba tersebut. Dua buah buku seri Disney. Judul buku bebas dipilih. Saya pilih buku bertemakan Little Einstein dan Mickey Mouse, masing-masing seharga Rp 20.000,- dan dan Rp 29.000,-. Ada yang menarik dari sisi kewirausahaan (trik bisnis) dalam pengadaan lomba ini, lebih lanjut saya bagi ceritanya pada tulisan saya berikutnya DISINI ya.

Esok harinya satu hari menjelang lomba Fathan masih menolak ajakan mengikuti lomba ini. Akhirnya bujukan maut pun kembali dikeluarkan. Saya katakan lomba ini 'kan diadakan di Mall, pulang lomba kita bisa langsung main di playground. Salah satu aktivitas favoritnya juga. Hasilnya.... Fathan masih menolak, tapi sudah semakin bimbang.
Sampai ia pun mengatakan "kita ga usah lomba, kita main aja di Mall", berusaha untuk bijak saya katakan, "iya, kita memang ga jadi lomba tapi belajar mewarnai aja disana, soalnya banyak kakak-kakak yang pintar mewarnai disana, jadi Atan bisa belajar dan nonton cara mewarnai yang bagus, abis itu kita tetap main koq, Ok??" Saya berusaha keras untuk tidak memaksakan kehendak. Ajakan untuk mengikuti lomba itu pun tidak saya ulang terus menerus.

Baru saat hari lomba tiba saya semangati kembali, Fathan masih cenderung menolak, tapi tetap mau diajak kerjasama bersiap-siap ke Mall dimana acara lomba diadakan. Setibanya dilokasi, saya yang langsung semangat mencari lokasi untuk Fathan, membuka meja gambarnya dan menyiapkan crayon. Fathan masih berdiri terdiam dipinggir arena lomba. Saya datangi dia dan menyerahkan 2 buah buku yang sudah saya simpan dari saat pendaftaran. Dia antusias dan akhirnya tertarik untuk duduk dimejanya. Saya jelaskan apa saja yang perlu dia lakukan. Saya pastikan kalau dia sedang tidak berlomba, jadi bebas tidak perlu terburu-buru. "Hasilnya nanti bunda foto ya", janji saya. Saya tahu kadang dia senang difoto dan dipuji.

Akhirnya Fathan mulai mewarnai kertas bergambar Handy Manny, saya lega dia tidak terlihat terpaksa, bahkan mulai terlihat antusias, sesekali dia bertanya warna apa yang sebaiknya dipakai. Karena Fathan duduk dipinggir arena saya leluasa untuk mendampinginya. Tidak membantunya, hanya sesekali memberi arahan. Saya tidak peduli itu melanggar atau tidak. Karena saya siap bernegosiasi dengan panitia kalau itu melanggar Fathan boleh didiskualifikasi tapi mohon izin untuk menyelesaikan tugasnya. Tapi memang dasar namanya lomba antar TK, sebagian besar memang demikian adanya :P terlihat sekali perbedaan dengan anak-anak dari TK B yang lebih mandiri.


Waktu lomba yang diberikan 1,5 jam. Fathan selesai kurang dari 1 jam. Itu pun termasuk lebih lambat, ada beberapa anak yang sudah selesai dalam waktu setengah jam. Setiap anak yang telah menyelesaikan tugas mewarnai oleh panitia diberi kesempatan untuk difoto bersama karyanya. Usai difoto, Fathan sempat berseloroh "asyik juga ya bunda..." Yess, Fathan ternyata memang menikmati lomba ini ^_^. Sambil menunggu peserta lain selesai, kami ajak dia bermain ke playground seperti janji kami. Setelah main beberapa saat, kami ajak kembali Fathan ke arena lomba disana ada kegiatan story telling sebelum pengumuman pemenang lomba. Seperti biasa Fathan cenderung pasif diawal, tapi semakin lama semakin menikmati cerita yang dibawakan kakak pendongeng. Hanan yang masih kecil pun dapat menikmati cerita, bahkan lebih lepas tertawa ketika melihat tingkah lucu kakak pendongeng. Alhamdulillah... puas melihat kegiatan Fathan dan Hanan hari itu :)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berbagi artikel ini :

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...