Jumat, 05 Oktober 2012

Risol Mayonaise

Kemarin akhirnya kesampaian juga membuat risol mayonaise dengan menggunakan kulit lumpia. Risol mayonaise ini sendiri punya banyak versi nama. Ada yang menyebutnya American Risolles, ada yang menyebutnya Risol Mayonaise atau Risol SmokeBeef. Pada intinya hampir sama, isinya tidak jauh dari 4 isian; smokebeef, telur rebus, keju, dan mayonaise. Risol mayonaise ini salah satu menu bekal yang sudah lama saya pikirkan, karena kepraktisannya (masalah kepraktisan ini relatif juga sih, karena lebih praktis lagi beli jadi, hehehe...biasanya kisaran harga jual Rp 2.000,- s/d Rp 5.000,- per buah).

Tahu persis pasaran harga karena memang ini snack favorit kita berempat. Saya, Suami, Fathan dan Hanan paling senang cemilan yang satu ini, jika ketemu penjualnya di mall atau di toko kue, biasanya langsung tergoda untuk membeli. Oleh karena itu sudah beberapa kali mencoba buat, dan hasilnya: Not Bad! #memujidirisendiri :)

Ketika membuat risol ini yang paling ribet itu adalah ketika membuat lapisan kulitnya. Bisa jadi lama memproses lapisan kulit daripada isian. Makanya ketika dapat ide untuk mengganti lapisan kulitnya dengan kulit lumpia, semangat banget mau mencoba.

Untuk sekedar uji coba beli kulit lumpia di minimarket isi 12 pcs harga 3 ribuan. Kalau beli dipasar pasti lebih murah. Semua bahan sudah ada di rumah kecuali smokebeef, tapi di rumah ada sosis, ini bisa jadi pengganti :)

Kurang dari setengah jam, risol mayonaise ini sudah jadi. Cocok banget masuk sebagai salah satu menu bekal Fathan. Rasanya pun tidak jauh berbeda dengan adonan kulit risol sesungguhnya, termasuk penampakannya, beda-beda tipis-lah ;)

Risol Mayonaise dengan kulit lumpia jadi

Risol Mayonaise dengan adonan kulit buatan sendiri

Langsung aja, kita buat yuk :)

Bahan kulit:
1. Kulit lumpia jadi 12 pcs
2. Tepung Panir 1 mangkok kecil
3. Telur 1 butir (kocok lepas)

Bahan isian:
1. Smokebeef/sosis diiris tipis 12 pcs(bentuk ukuran 3x1,5cm)
2. Telur rebus 1,5 butir (1 butir belah 8 memanjang)
3. Keju cheddar diiris tipis 12 pcs (bentuk ukuran 3x1,5cm)
4. Mayonaise 10 sdt

Cara membuat:
1. Ambil satu lembar kulit lumpia, susun isian satu persatu dipinggiran kulit lumpia. Contoh susunan : 1 lembar keju, 1 lembar smokebeef/sosis, dan 1 potongan telur rebus ditutup dengan 1/2 - 1 sdt mayonaise.
2. Lipat seperti amplop, tutupi susunan isian dengan 1 sisi terdekat lapisan kulit lumpia, lipat dari arah kanan dan kiri, gulung maju kedepan.
3. Celupkan kedalam kocokan telur hingga telur merata menutupi seluruh permukaan kulit lumpia, setelah itu gulingkan ke mangkok lain yg berisi tepung panir.
4. Goreng dengan minyak sedang hingga risol berwarna kuning keemasan.
5. Siap dinikmati bersama saus tomat/sambal.

Catatan:
*ukuran smokebeef/sosis, keju dan telur dapat diatur sesuai selera, saya lebih memilih ukuran cendrung kecil, agar saat dilipat kulit lumpia tidak mudah robek. Selain itu untuk porsi anak-anak ukurannya lebih pas.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berbagi artikel ini :

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...