Jumat, 08 November 2013

Day 4 : Tips Seputar Makanan Beku dari MPASI Salman

Sudah lama saya mau posting tentang makanan beku untuk MPASI. Kebetulan beberapa waktu lalu, baru aja buat melon dan pepaya yang dibekukan. Jadi ada koleksi foto pribadinya :)


Pure melon dan pure pepaya yang sudah dibekukan
Sebenarnya saat itu ada 3 jenis buah di freezer rumah; melon, pepaya dan mangga. Semua di stok dalam jumlah yang tidak banyak, cukup untuk persediaan 1-2 minggu. Pemberiannya saja yang tinggal di rolling antara ketiga buah tersebut.

Saya pribadi sebenarnya lebih suka memberikan yang fresh untuk MPASI anak-anak saya. Tapi pada makanan tertentu, dan waktu tertentu saya merasa lebih praktis untuk memberikan makanan beku yang dibuat sendiri. Meski beku, tapi lebih terjamin isinya. Makanan beku ini pada MPASI awal, amat membantu. Hal ini dikarenakan jumlah yang dimakan anak belum banyak, dan variasi makanan yang bisa dimakan pun belum banyak. Jika makanan tersebut sudah dibekukan, sekali olah dapat dipakai untuk beberapa kali menu. Diawal MPASI saya hanya menyiapkan beberapa pure dalam freezer yang bisa dipakai untuk 1 minggu.

Saya biasa membekukan pure dalam ice tray bertutup. Bukan ice tray khusus makanan bayi yang banyak dijual di online shop itu lho. Saya sudah merasa amat cukup dengan ice tray jenis ini, fitur tambahan lainnya dari ice tray berharga mahal, saya nilai tidak cukup signifikan manfaatnya. Lebih baik saya alihkan dananya untuk keperluan lainnya... *EmakIrit :P
Koleksi Ice Tray khusus MPASI

Ice tray yang saya pakai saat ini pun sudah saya pakai sejak si Kakak masih bayi 5 tahun lalu, hehehe... Dulu ada tutupnya, sekarang entah hilang kemana, tapi masih bisa di tutup dengan menggunakan plastic wrap. Dengan dibekukan dalam ice tray secara otomatis kita sudah memperoleh kemudahan membuat porsi kecil yang sesuai untuk ananda. Cukup 1 blok pure untuk perkenalan, atau 2-4 blok pure jika sudah mahir memakannya.

Jika sudah lewat masa pure yang cenderung cair, makanan beku ini, terutama untuk buah, bisa dijadikan makanan selingan. Sejak Salman sudah pintar memakan makanan padat, saya sudah jarang membuat pure. Terlebih lagi pure beku.
Namun, pure buah beku cocok banget buat anak yang sedang tumbuh gigi seperti Salman. Es batu aja dia suka :P

Catatan penting untuk membekukan makanan bayi adalah:
1. Untuk mendapatkan kualitas yang terjaga, gunakan makanan beku bayi dalam waktu 3 bulan.
2. Simpan makanan beku bayi dalam wadah kedap udara.
3. Jangan lupa beri tanggal pada wadah setiap menyimpan makanan beku bayi.
4. Seperti ASIP, habiskan terlebih dulu makanan beku yang lebih awal dibuat.

Terakhir yang tidak kalah penting adalah tetap bijak membuat makanan beku untuk bayi ya bu ibuuuu.... karena yang terbaik tetap yang disajikan SEGARRRR :)

@erlinkarlina


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berbagi artikel ini :

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...