Senin, 11 November 2013

Day 7 : Jadwal MPASI Usia 10 Bulan Salman

Salman Haniya (10m5d) sebulan terakhir ini lagi enak-enaknya makan, setelah sebelumnya ikutan GTM (Gerakan Tutup Mulut) dan susah banget di ajak makan. Sekarang yang ada malah bundanya yang kewalahan. Apa aja dia mau. Yang terberat adalah untuk mantangin makan gulgar (gula garam), karena selain suka dengan makanan dia sendiri, Salman juga sangat tertarik dengan makanan kakak-kakaknya, dan semua yang orang dewasa makan. Kalau ga dikasih, nangisss... Tiga bulan (saat usia Salman 6-9m)  saya kerja keras membujuk Salman supaya mau makan, sekarang berubah 180 derajat.

Mungkin juga karena per hari ini sudah ada empat giginya yang tumbuh, 2 diatas-2 dibawah. Dua gigi taring atas pun siap menyusul segera.

Syukurlah sudah dapat polanya biar dia bisa terpenuhi kebutuhannya. Jadwal MPASI Salman saat ini:
Jam 08.00 : Variasi Bubur
Jam 10.00 : Selingan buah/biskuit
Jam 12.00 : Variasi Bubur
Jam 16.00 : Selingan buah/biskuit
Jam 18.00 : Variasi Bubur
Untuk ASI di siang hari diberikan setelah waktu makan berat dan atau semintanya si dede. ASI malam hari langsung dari bunda, juga sesukanya si dede.

Dengan jadwal makan yang padat seperti itu, Alhamdulillaah dalam menyiapkan MPASI Salman saya merasa enjoy aja. Maksimal hanya dua kali masak dalam sehari. Seringnya sehari sekali. Masak 1 menu untuk 3 kali makan. Takut bosen ga bayinya? Alhamdulillah enggak... mungkin karena ada makanan selingannya itu.

Tekstur makanan Salman juga sudah mulai saya buat padat, dari sebelumnya yang masih semi padat. Meski padat teksturnya, tetap masih saya saring dengan grinder. Wah ngomongin Grinder, saya terbantu sangat dengan alat MPASI yang satu ini. Menyesal sangat kenapa ga dari si Kakak dan si Abang dulu, saya tahu dan punya alat ini. Saya review khusus nih alat ini DISINI.

Biasanya sekali makan Salman sudah bisa menghabiskan 1 mangkok penuh bubur saring seperti dibawah ini:

Bubur bertekstur padat
Alat MPASI saya yang benar-benar rutin terpakai saat ini ya cuma yang digambar ini, ditambah pisau dan talenan. Selebihnya banyak me-ngang-guuuur :P

Alat MPASI andalan
Jadi ibu-ibuuu, yang lapar mata mau beli ini itu untuk alat MPASI anaknya, pleaaaasee pertimbangkan betul-betul. Sayang bu banyakan ga kepakenya. Hehehe... curcol amat yahhh. Ini kalo saya yah, yang maunya praktis-praktis ajahh. Silahkeun disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Salam MPASI Rumahan :)

@erlinkarlina



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berbagi artikel ini :

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...