Senin, 12 Mei 2014

Dibalik Bazaar PW 2014 :
Stand Kuliner VS Stand Multiproduk (Seri 1)

Ecokiddy ikutan bazaar PW TDA 2014? Jawabnya: Iya.

Pasti yang sudah kenal Ecokiddy, banyak yg anggap kami mau jualan popok/clodi, nursing cover atau gendongan bayi hasil produksi kami :) Iya betuuul. Memang kami mau jualan itu semua. Tapi jangan cari kami di deretan stand multiproduk ya. Cari stand Ecokiddy di kumpulan stand kuliner, stand No.6 insyaallah ketemu kami disana. Kenapa kami bisa disana? Ya karena kami memang jualan kuliner, temanya kuliner nusantara. Wah gagal fokus nih kayaknya, bisa kena pentung pak Mustofa Romdloni (mentor bisnis kami) ini mah. Sok cuek ah mumpung baru 1x KMB koq :P

Sebenarnya kami fokus koq. Tujuan utamanya tetap pengen branding n jualan Ecokiddy, tapi agar bisa memperkecil resiko merugi secara finansial, akhirnya diputuskan untuk di back-up dengan jualan kuliner. Stand multiproduk 2 jt (2x2m), sementara stand kuliner 2,5 jt (2x3m). Ternyata stand kuliner lebih mahal, tapi ukuran lebih besar. Masih sangat cukuplah, buat memajang barang Ecokiddy dipojokan :D

Sekarang yang pusing adalah tentang berapa banyak stok yg harus disiapkan. Siapkan banyak, khawatir tidak terjual. Siapkan sedikit, khawatir ga nutup biaya stand dan karyawan, ditambah khawatir banyak peminat tapi stok habis (kami ingat cerita pak ato yg kehabisan stok setiap hari saat PW TDA 2013). Antara pesimis dan kePeDean tinggal adu kuat mana.

Bener2 ya jualan kuliner itu luar biasa tantangannya dan ketawakalannya harus tinggi sangat :) Kalo biasanya jualan Ecokiddy tinggal sebut mau bawa stok berapa pas pameran, karena bukan barang yang harus segera habis... Ga kenal kata basi. Sementara sekarang, subhanallah H-1 masih pusing mikirin masalah stok, karena bener2 pengalaman pertama di stand kuliner :) Mohon saran dan masukan suhu2 kuliner di TDA Bekasi doong... Adakah rumusannya ga sih dlm persiapan stok bazaar kuliner?

Yang jelas kami menyiapkan menu2 yang siap disantap sebagai menu makan siang, seperti nasi bakar bandung, nasi jenggo bali, tekwan palembang, dll. Sementara untuk cemilan dan minuman alhamdulillah sudah ada beberapa teman TDA Bekasi yang sudah siap menyuplai, seperti oleh2bekasi dari bang deni, kripik palado dari mas putra, kunyit asam dari mba anna missbazaar. Teman2 TDA Bekasi lainnya yang mau titip boleh juga lho asal masih setema (kuliner nusantara). Atau mau titip brosur usahanya juga boleh. Syaratnya cuma 1, member TDA Bekasi. Hubungi kami aja ya.

Karena dari awalnya memang niatnya untuk jualan, belajar, dan berbagi. Cerita pengalaman bazaar kali ini saya bagi dimilis ini secara berseri. Semoga bisa diambil manfaatnya :)

-erlin-
www.ecokiddy.com


*Catatan:
  Tulisan yang sama sebelumnya sudah diposting pada milis TDA Bekasi

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berbagi artikel ini :

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...